Rabu, 09 Oktober 2013

Untuk seseorang yang aku kagumi kala itu "09 Oktober 2013"

Hari itu aku bangun telat, entahlah mungkin hingga terlalu malam memikirkan tentang serangkaian acara kelulusan Angkatan kami.

Sebenarnya bukan tentang Kelulusannya, tapi tentang salah seorang yang hadir di hari Kelulusan itu.

Pagi sekali..

Seseorang temanku datang mengetok pintu kamar, menanyakan sepatu pantofel yang menjadi syarat wajib buat dresscode hari ini. Haha Mahasiswa modal minjam, bahkan untuk hari hari bersejarah dalam hidupnya.

Tak seperti biasa, air kran pagi ini dingin sekali, dingin menusuk tulang rusukku yang sekitar sebulan lalu terhempas kayu dan beton Bandar di samping Gereja. Bahkan sampai memancing kembali rasa sakit yang sebenarnya sudah terhapus di memori otak ini.

07.30 Aku berangkat menuju belakang kampus, mengisi perut kosong yang sudah terisi cuaca malam harinya, Ini tak seperti biasanya, benar-benar berbeda. Biasanya Aku hampir tak pernah sarapan semasa kuliah, tapi ya Sudahlah, aku tak mau mengecewakan diriku sendiri di acara penting ini. Acara yang mungkin bagiku terakhir kali menatapmu menggunakan seragam hitam putih, mungkin saja, tapi aku tak mau demikian sungguh tak mau, tak mau, tak mau.

07.50 Kami sampai di kampus, suasana hati ini masih sedikit tergoncang, acara ini begitu cepat. Cepat merusak logikaku pagi ini, seperti mimpi diatas mimpi mirip kata bang Ebiet.G.Ade dalam salah satu lagunya.

Temanku berkumpul dengan segerombolan orang yang beberapa diantara mereka memang aku kenal, tapi entahlah aku tak ingin banyak bebincang dengan mereka. Memisahkan diri menuju salah satu sudut Gedung Perpustakaan, membasuh muka, berusaha menenangkan suasana.

08.00 Suasana masih belum semenenangkan yang aku harapkan, yang aku inginkan. Ya lagi lagi mereka masih berbincang dengan sejuta canda tawa mereka, sedang aku masih belum bisa menenangkan diriku. Hatiku berbisik mencoba menenangkan diri, “Ah bersyukurlah kau, sudah sampai pada titik ini, apalagi yang mesti engkau keluhkan”

08.10 Ku pergi menuju salah satu sudut kampus, Ya Kantin sembari mencoba mempercepat waktu menuju pukul 08.30, tapi tetap saja, 08.30 masih terasa sangat lama. seolah ada perbedaan waktu antara duniaku dengan dunia orang orang diluaran sana. Berbeda jauh sekali.

08.20 Bertemu dengan beberapa orang teman sekelas, berbincang bincang. Ingat seseorang yang belum bayar hutang hahah, ah pemasukan nambah lagi. Sedikit demi sedikit ingat lagi yang lainnya, Alhamdulillah otakku masih berfungsi layaknya manusia normal, Alhamdulillah …

08.30 Aku memasuki ruangan, mengisi form tanda tangan “formalitas”, ya begitulah seperti biasanya selalu saja tanda tangan sebagai bukti kehadiran.

08.35 mencoba menatap seisi ruangan, menatap slide, menatap bangku bangku yang sebagian masih kosong, sebagiannya lagi diisi canda tawa mereka

Sekitar 08.50 aku duduk disalah satu sisi kanan ruangan, lagi lagi mencoba menatap seisi ruangan, mencoba menemukan “wajahnya”, ya sekedar ingin menatap meski sebenarnya aku sungguh tak sanggup. Berharap ini bukan yang terakhir kali aku bisa menatapnya, berharap…

Sementara apa yang aku inginkan kala itu sudah berada didekatku, tapi sungguh entah keberapa kalinya aku benar benar tak sanggup. Sedang diapun berusaha menoleh kearahku, entah mungkin mencoba memberi senyum basa basi atau mungkin menoleh ke seseorang yang ada disekitarku, aku tak tahu itu. Tapi suasana kala itu benar benar membuat batinku terguncang sedemikian hebatnya.
Lagi lagi harapanku salah, aku berharap pada makhluk, sedang aku hanya sedikit berharap pada Yang Menciptakannya, Yang Menciptakan paras teduhnya, Yang Menciptakan perilaku mengagumkannya, Yang Menciptakan senyumannya, Bahkan yang menciptakan rasa kagumku terhadapnya.

Suasana kala itu berjalan sedemikian cepat pada suatu saat, dan juga lambat pada saat saat yang lainnya. Acara selesai ku bergegas meninggalkan ruangan, menggas kendaraanku, menetralkan kondisi fikiranku, menuju suatu tempat, melalui doa doaku padaNYA di siang hari 09 oktober 2013.
untuk seseorang yang aku kagumi kala itu

 

0 komentar: