Selasa, 28 Agustus 2012

Kisah Apes di Stasiun kebayoran

Sekedar bercerita tentang pengalaman, semoga pembaca bisa lebih berhati hati dalam berbagai tindakan

Malam sebelumnya sempat merasa kesal akibat Laptop gagal booting, kemudian saya berusaha mencari DVD windows 7 ke mall terdekat (lagian udah malam, ga mungkin kaan, ke Mangga Dua :3 ). Harga DVD yang biasanya 30ribuan , ternyata dijual 50.000 rupiah. Buseet mahal amat, padahal  20.000 kan bisa untuk makan 4kali di warung nasi kebumen. Ya udah terpaksa deh saya putuskan untuk menunggu esok pagi dan mencari DVD itu ke Mangga Dua. (kalo di hitung hitung bisa hemat Rp 17.000,-)



Pertualangan berlanjut dikamar berukuran 2,5 X 3 meter ini. Bangun jam 5.00 kemudian sholat dan berlanjut ke edisi tidur lagi.  Niat mau berangkat pagi malah berujung bangun jam 10.00. Mau di bilang apes, ga juga kok, toh jam 10 masih pagi. Sesudah mandi, langsung bergegas menuju stasiun Pondok Ranji. Saya kemudian memesan tiket jurusan Pondok ranji-Stasiun kota yang paling murah dengan harga Rp 1.500,-. Tapi entah kenapa dengan uang Rp 5.000,-, si petugas di loket malah ngembaliin Rp 3.000,-. Saya bingung, ga tau apakah ini korupsi tiket atau karena ga ada kembaliannya?. Ya udah saya putuskan untuk berbaik sangka (meski dalam hati terpikir pikir jikalau setiap penumpang yang hariannya mecapai ribuan orang ditilap Rp 500,- kan lumayaan). Ah sudahlah lupakan.

Perjalanan diatas kereta sungguh mengasikkan,selain bisa melihat indahnya indahnya alam diluar, kita juga bisa melihat bagaimana wajah wajah kehidupan kota di atas kereta kelas ekonomi ini. ada sikaya, dan ada pula si miskin. Ada si dermawan, ada pula si kikir. Ada yang menutup aurat, ada juga yang mengobral auratnya . lengkaap deh

Tidak terasa, sekitar 20menitan, saya sudah berada di stasiun tanah abang. Setelah beberapa menit menunggu penumpang lainnya, tapi tiba tiba si kereta malah berbalik melanjutkan perjalanannya ke arah pondok ranji. Padahal di tiket tertera tujuannya menuju kota, tapi mengapa pas di tanah abang malah balik arah?. -_-
Saya sungguh kecewa, bagaikan diiris sembilu. Saya putuskan untuk berhenti di stasiun kebayoran (siapa tau ada yang jual DVD itu dengan harga yang lebih murah). Sesaat kemudian berhenti di stasiun kebayoran. 



Dengan gagah berani saya melanjutkan perjalanan ke pasar kebayoran. Saat melewati pengecekan tiket, saya di tahan. Upss. Sang petugas membawa saya ke kantornya dan kemudian saya di introgasi.

Petugas : “kamu tau salah kamu apa”?

Saya       : “ga tau pak, kok tiba tiba kereta nya berhenti ditanah abang, padahal tujuan saya ke kota” (dengan wajah termehek mehek takut)

Petugas : “KTPnya mana?

Saya       : “ga bawa dompet pak, takut nanti kecopetan”

Petugas   : “coba baca tiketnya, kemudian liat di tembok itu!!

Saya    : “tiket perjalanan hanya berlaku untuk satu kali perjalanan”, (melihat ke tembok dan ternyata dendanya Rp 50.000,-)

Petugas    : “kamu ga usah main watak watakan sama saya, jangan termehek mehek, kamu mau bayar denda atau ngebersihin stasiun kebayoran”

Saya        : (berpikir beberapa menit)”saya lagi butuh uang pak, mending saya ngebersihin stasiun aja deh, tapi sam sampai jam berapa?”

Petugas : “itu urusan saya, kamu ga berhak mengatur ngatur saya tentang hal itu!! Mengerti!! Saya di sini udah dari pagi, sampai siang ini capek!! Kamu tau kan, kalo orang udah capek bekerja, bawaannya kaya gimana? Jadi ga usah main main sama saya mengerti !! Ya udah, kalo kamu ga mampu bayar, saya kurangi jadi 40.000!! gimana!!

Saya       : (dalam ati, buset mahal amat dendanya, padahal ini kan bukan murni kesalahan saya)

Petugas : cepat!!

Saya       : (menyerahkan uang 40.000 dengan kecewa) L kemudian meninggalkan kantor

Petugas  : (akhirnya meminta maaf atas tindakannya, dan mengatakan kalo ini bertujuan ntuk kebaikan saya supaya lebih berhati hati dalam segala tindakan)

Yaah begitulah, demi penghematan 17.000,- eh malah apes (kena marah petugas + bayar denda 40.000,-) ga kehitung deh gimana rasa sakit hatinya gimana. Saya kemudian melanjutkan perjalanan ke pasar kebayoran sambil memikirkan kejadian tadi.

Kalo uang yang 40.000 untuk bayar denda memang dilaporkan sesuai prosedur sih gapaapa saya ikhlas. Tapi kalo uangnya masuk kekantong pribadi petugas itu, sampai sekarang saya masih belum terima.

Demi penghematan saya melanjutkan perjalanan ke Blok M Square dengan berjalan kaki. :(

Tidak selamanya apa yang kita rencanakan akan berhasil sesuai dengan rencana kita, karena Allah maha menentukan atas segala sesuatu 

2 komentar:

ada cinta di setiap kata mengatakan...

tau nama petugas nya ga??

mrgem mengatakan...

udah lama ga update, haha udah lupa mbak, tapi saya masih inget wajahnya wkwkk, terakhir papasan di stasiun tanah abang