Selasa, 12 Maret 2013

tentang keikhlasan :)

menurutku ini salah satu ilmu yang paling sulit untuk dipelajari. bukan bermaksud untuk melemahkan semangat anda untuk mempelajarinya, tapi memang demikian kenyataannya. Ikhlas menyangkut antara hati Makhluk dan Tuhannya (Allah). menurutku tentang keikhlasan kita harus belajar, ikhlas juga butuh latihan.

Pembelajaran tentang ikhlas bisa di dapat dari internal pribadi kita ataupun sebab pengalaman tertentu yang membuat kita untuk ikhlas.

apa itu ikhlas?

Dari beberapa sumber yang saya baca, ikhlas berarti bertindak, berbuat, hanya dan karena Allah sang Pencipta. Tanpa keikhlasan, amalan tidak akan diterima. Ikhlas adalah keterampilan hati untuk selalu merasa positif dan tenang, karena semua yang kita lakukan bisa terjadi atas kehendak dari Allah SWT.

Bagaimana cara menguji apakah kita sudah ikhlas atau belum?

anda bisa coba, membandingkan amalan jika dilakukan di keramaian dan ditempat sepi, jika kualitasnya berbeda, berarti masih ada "makhluk" didalam fikiran anda. jika kualitasnya sama, menurut saya berarti anda sudah Ikhlas. ini baru pengujian secara sepintas. berhubung ikhlas adalah hal yang tersembunyi, tentulah anda yang mengetahui apakah kualitas amal yang anda lakukan benar benar benar dari hati yang paling dalam hanya untuk Allah SWT. bukan untuk tampil mengesankan di hadapan "makhluknya".

Lalu bagaimana solusinya?

perbanyaklah berdo'a. perbanyak membaca buku buku tentang agama. karena ikhlas menurut saya adalah ilmu. perlu dilatih dan dipelajari. Ilmu tidak akan sempurna jika hanya diperoleh dengan cara ikut ikutan. Dengan membaca buku, anda insyaAllah akan menemukan alasan dan dalilnya. Sehingga akan menambah keimanan anda, dengan demikian insyaAllah level keihlasan anda meningkat.

 
Ikhlaslah, karena ikhlas adalah syarat utama amalan diterima Allah SWT. :) semangat untuk belajaar !!!

0 komentar: